Obyek Wisata di Taman Mini Indonesia Indah - 39 Tahun TMII


39 Tahun TMII
Gambar di dekat HALTE Transjakarta (Taman Mini Garuda)

Banyak sekali tempat rekreasi di indonesia sekaligus tempat edukasi yang sangat bermanfaat, salah satunya Taman Mini Indonesia Indah atau disingkat TMII dimana Budaya Indonesia,Museum,Taman,Rumah Ibadah semua ada disana.

Tepatnya tanggal 20 April 2014 nanti Taman Mini Indonesia Indah akan merayakan Ulang Tahun yang ke 39 tahun looh. Wah pasti meriah banget nihh | pasti dong :). Ada apa aja? | pasti tentang budaya indonesia | Wah menarik nih nambah juga ilmuku | Pasti dong :)

Disana kita bisa lihat pemandangan Museum, Anjungan , Taman-taman, Tempat Ibadah, dll. Didekat pembelian tiket terdapat museum telekomunikasi looh! mau tau? cekidot

Museum Telekomunikasi TMII, Dekat pintu masuk TMII

Bagian Kanan

Bagian depan Museum Telekomunikasi

Museum Telekomunikasi terdapat berbagai alat-alat komunikasi sejak jaman dulu sampai sekarang.Museum Telekomunikasi juga ada teater film dokumenter tentang perkembangan teknologi dan komunikasi dan film animasi si ponix.

Setelah ke Museum Telekomunikasi kita istirahat dlu yuk hehehe, disini tempat yang paling sejuk menurut saya

Tempat berkumpul para pengunjung dan penjual
Ditempat ini banyak sekali pengunjung yang beristirahat, makan dan minum, dan berkumpul. Tempat ini berada disamping Tugu Api Pancasila.

Tugu Api Pancasila
Tugu Api Pancasila merupakan monumen utama Taman Mini Indonesia Indah looh, pasti udah pada tau kan :).

Disana juga terdapat penyewaan sepeda, penyewaan sepeda berkisar 15.000/25.000 Per 1/2 Jam cocok untuk yang mau berfoto-foto, untuk kalian yang mau mengelilingi Taman Mini Indonesia Indah juga bisa menaiki Bus Mini Keliling Taman Mini Indonesia Indah disana ada yang membimbing kalian lewat suara.

Sekarang kita pergi ke keong emas, keong emas merupakan gedung teater didalamnya kita bisa menonton film film yang bertema hiburan dan juga mendidik looh.

Diluar keong emas

Di depan keong emas



Selanjutnya kita berkeliling TMII dengan Bus Mini :D, kita bisa melihat pemandangan yang ada di TMII.
Pemandangan danau TMII
 Danau di TMII merupakan miniatur yang menggambarkan kepulauan di Indonesia, dari sabang sampai merauke.

Pesawat "Dakota" di Anjungan Aceh
Di Anjungan Aceh pasti anda bingung mengapa ada pesawat di anjungan aceh? jawbannya adalah Pesawat yang ada di Anjungan Aceh adalah sumbangan dari masyarakat aceh, pesawat terbangnya merupakan jenis Dakota dengan nomor R.I 001 SEULAWAH pada tahun 1948. Pesawat terbang R.I 001 SEULAWAH merupakan pesawat pertama Republik Indonesia.

Sesudah Aceh kita ke Anjungan Kalimantan Timur atau di singkat KALTIM. Disana kita bisa melihat Rumah dari suku Dayak Kenyah, nama rumahnya adalah Rumah Lamin. Rumah Lamin terbuat dari kayu ulin looh unikkan :).

Rumah Lamin - Kalimantan Timur
Sesudah ke Kalimantan Timur kita ke Museum yukk! disini kita bisa lihat ada Museum Minyak dan Gas Bumi.

Museum Minyak dan Gas Bumi
 Museum Minyak dan Gas Bumi merupakan sumbangan dari masyarakat Perminyakan Indonesia dengan tujuan untuk mewariskan nilai-nilai juang kepada penerus untuk peningkatan ilmu dan teknologi.

Museum Minyak dan Gas Bumi
Selanjutkan ada Museum Listrik dan Energi Baru

Museum Listrik dan Energi Baru
Didalam Museum Listrik dan Energi Baru pastinya isinya tentang Listrik dan Energi dong, Museum ini sebagai informasi teknologi listrik, sejarah perkembangan teknologi, didalam museum ini kita bisa belajar tentang energi dan listrik.

Museum Listrik dan Energi Baru
Sesudah Museum Listrik dan Energi Baru, ada yang unik lohh disini kita bisa melihat batang pohon jati yang berusia 120 Tahun.




Batang Pohon Jati berusia 120 Tahun - TMII
Menakjubkan bukan pohon jatinya? ada yang lebih keren lagi loh namanya JAMBI sebuah provinsi yang terletak di pulau sumatra.

JAMBI 

Rumah ada JAMBI
Rumah adat jambi adalah Rumah Panggung Kajang Leko, nama ini diambil dari hasil sayembara " Sepucuk Jambi Sembilan Lurah " untuk mencari jati diri daerah "Jambi", bagus bukan rumahnya ?

 Sesudah melihat anjungan jambi kita ke papua yuk! | Ke Papua? jauh dong | ini kan Papua yang ada di TMII bukan Papua yang ada di yang ada di kepulauan Indonesia :3 | hehehe ayoo.

Anjungan Papua - TMII

Kariwari adalah sebuah bangunan yang berfungsi untuk menyimpan benda benda perlengkapan pemujaan. Papua punya banyak suku diantaranya suku asmat, suku biak , dll.

Kariwari Papua - TMII
Sesudah dari Papua kita ke Museum Penerangan yuk! museum penerangan

Museum Penerangan
Didepan Museum Penerangan yang di depannya terdapat tugu yang merupakan lambang Museum Penerangan dan ada 5 patung juru penerang.

Tidak hanya museum dan anjungan, di TMII juga terdapat tempat Ibadah :), mau tau? ok langsung saja.

Masjid Pangeran di Penogoro - Rumah Ibadah Agama Islam
Klenteng Kong Miao - Rumah Ibadah Agama Khonghucu

Tidak hanya foto saya juga rangkum dalam video agar pembaca bisa menikmati suasana TMII sekaligus program edukasi :).




Doa saya untuk TMII:

Semoga dengan umur yang 39 ini Taman Mini Indonesia Indah - TMII, Semakin bermanfaat bagi nusa dan bangsa, semakin sukses dalam mengembangkan pengetahuan tentang budaya indonesia , semoga menjadi lebih baik lagi dalam membentuk pendidikan karakter bangsa, Semoga objek-objek budaya indonesia di TMII bertambah serta bertambahnya Pengetahuan kita tentang Budaya indonesia serta cinta terhadap indonesia :D, BRAVO TMII.

39 Tahun TMII 2014
HAPPY ANNIVERSARY 39 TAHUN TMII 

4 Responses to "Obyek Wisata di Taman Mini Indonesia Indah - 39 Tahun TMII"

  1. wah artikelnya bagus gan, ane jg lg ikutan kontes ini, slamat brsaing gan.. tp ane mngakui artikel agan bgus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas penilaiannya gan :), mari kita bersaing :))

      Delete
  2. Taman Mini Indoesia Indah adalah salah satu alternatif buat yang ingin berwisata, dengan mengunjungi berbagai obyek-obyek wisata yang ada didalamnya, maka kita tidak akan hanya sekedar brwisata namun juga akan belajar berbagai kebudayaan Inodnesia sebagai hasil dari mengunjungi berbagai obyek wisata yag ada di TMII. salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali agan Udhy, TMII tidak hanya sekedar berwisata kita juga bisa belajar berbagai kebudayaan indonesia dan edukasi lainnya di TMII :) , salam blogger

      Delete